FF Unwira Mengoptimalkan Pemanfaatan Website Fakultas

0 65

Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan website kampus, Fakultas Filsafat (FF) Unika Widya Mandira Kupang menyelenggarakan pertemuan pada hari Senin, 11 Maret 2024 di ruang pertemuan para dosen FF Unwira. Pertemuan yang dipimpin langsung oleh dekan FF Unwira, RD. Drs. Yohanes Subani, Lic.Iur.Can., dihadiri sejumlah dosen dan pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) FF Unwira. Dalam arahan pembukanya, romo John (sapaan akrab romo dekan) mengatakan bahwa website Fakultas Filsafat Unwira sebenarnya sudah didesain beberapa tahun lalu dan telah digunakan oleh civitas akademika Fakultas Filsafat untuk mempublikasikan artikel dan berbagai informasi lain terkait pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang dijalankan di Fakultas Filsafat Unwira.  ‘Keberadaan website Fakultas Filsafat terkait erat dengan akreditasi kampus. Websita kita diadakan untuk mendukung mutu akreditasi kampus kita. Kini kampus kita sedang dalam penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Dalam kerangka penilaian itu, kita berjuang untuk bisa mendapatkan predikat unggul. Karena itu, berbagai hal harus dibenahi sungguh-sungguh, termasuk website fakultas kita. Website yang kita punyai harus dimaksimalkan penggunaannya. Kiranya para dosen juga bisa mempublikasikan bahan ajarnya melalui website kita, selain artikel, renungan dan berita-berita seputar kampus’, ujar romo dekan.

Terkait pemaksimalan penggunaan website fakultas, romo dekan menghadirkan seorang praktisi website yang selama ini membantu pengelolaan website FF Unwira, Wensislaus Putra Wua, S.Fil sebagai pembicara dalam pertemuan tersebut. Dalam penjelasan dan pendampingannya, Pak Wens (sapaan akrab Wensislaus Putra Wua, S.Fil.) memperkenalkan berbagai fitur website kampus. Setelah memperkenalkan berbagai fitur website, praktisi website yang berdomisili di Benlutu ini mengharapkan para dosen dan mahasiswa memanfaatkan website FF Unwira untuk mempublikasikan hasil karya pemikirannya, entah dalam bentuk berita, renungan, artikel dan bahan ajar. Terkait hal ini, pak Wens melakukan pendampingan kepada para peserta pertemuan untuk mempublish karyanya sendiri sesuai template publikasi yang telah tersedia dalam website. Sejauh pantuan kami, pendampingan yang dilakukan pak Wens berjalan maksimal. Beberapa dosen yang selama ini belum terlibat secara langsung dalam publikasi artikel bisa mempublikasikan artikel secara langsung sesuai template yang tersedia. ‘Saya akan mempublikasi artikel-artikel saya, setidaknya renungan harian yang biasanya saya hasilkan setiap pagi’, kata salah satu peserta di sela-sela pendampingan. Pada akhir pendampingan, pak Wens membuatkan username dan password untuk setiap dosen yang akan mempublikasikan artikel, bahan ajar dan berbagai hal lain sesuai template secara mandiri.

Untuk memudahkan koordinasi dan komunikasi dalam pemanfaatan website fakultas, romo dekan menetapkan koordinator umum sekaligus menunjuk beberapa dosen muda sebagai penanggung jawab rubrik. Ada yang bertanggung jawab untuk rubrik berita, ada yang khusus mengelola rubrik repository, rubrik artikel, rubrik renungan. Selain itu, dalam pertemuan ini, disepakati hal pemusatan pengelolaan media sosial kampus FF Uwnira. Media sosial kampus berupa website, channel youtube, Facebook, Instagram dan Tiktok harus dikelola secara terpusat dan dikendalikan pihak Fakultas. Hal ini dimaksudkan untuk mengawasi pengelolaan media sosial agar makin efektif dan makin berkualitas. Kesepakatan lain yang dihasilkan dalam pertemuan ini adalah pembentukan wartawan kampus FF Unwira dan penunjukan moderator jurnal mahasiswa FF Unwira, Logos.

Semua peserta pertemuan memberi kesan baik atas kegiatan hari ini dan menyatakan siap melaksanakan berbagai kesepakatan dari pertemuan hari ini demi predikat akreditasi unggul FF Unwira. Pertemuan diakhiri dengan makan siang bersama dan foto bersama. (A.Kapitan).

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More