SEKILAS TENTANG SEJARAH BERDIRINYA FAKULTAS FILSAFAT

Berdirinya Fakultas Filsafat merupakan hasil kerja sama berbagai pihak terutama pimpinan gereja dan pihak pemerintah. Para Uskup se – Nusa Tenggara dan para pimpinan SVD se-Indonesia, dalam rapatnya di Ritapiret tanggal 28 Januari 1988 dengan SK No.1/1988/Nusra, telah menetapkan tentang pembukaan Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Dalam keputusan tersebut ditetapkan dua hal penting. Pertama, memohon kesediaan Yapenkar untuk membuka Fakultas Flsafat Agama pada Unika Widya Mandira Kupang. Kedua, menghimbau Yapenkar mengambil langkah -langkah yang perlu dalam kerja sama dengan pimpinan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, untuk mewujudkan keputusan yang telah dletapkan. Surat keputusan tersebut ditandatangani oleh Uskup Agung Ende Mgr. Donatus Djagom,SVD, ketika itu mengatasnamai para Uskup se – Nusra dan Provincial.

Selanjutnya Uskup Agung Kupang Mgr. Gregorius Monteiro,SVD (Almarhum) atas nama para Uskup NUSRA, tahun 1989 dalam suratnya No 19059/Koe/ll/1989 menyampaikan keinginan para uskup dan provincial SVD se- Indonesia tersebut kepada pihak Propaganda Fide di Roma dan sekaligus meminta persetujuannya. (Cardinal J. Tomko sebagai Prefek Kongregasi Penyebaran Iman dalam suratnya tertanggal 21 Maret 1989 kepada Mgr. Gregorius Monteiro.SVD memberikan persetujuan atas pembukaan Seminari Tinggi St. Mikhael di Kupang, yang dalam urasan akademik menurut sistim Pendidikan Tinggi di Indonesia bergabung dengan UNWIRA sebagai Fakultas Filsafat. Selanjutnya pada tahun 1990 dibuka Tahun Qrientasi Rohani (TOR) Lo’o Damian Atambua, sebagai persiapan untuk Seminari Tinggi di Kupang. Tanggal 15 Agustus 1991 Seminari Tinggi St. Mikhael diresmikan dengan Rm. Alo Pendito Keranz, Pr sebagai Praeses.

Sementara itu urusan – urusan menyangkut izin pemerintah terus dilanjutkan. Akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 1993 dengan SK. No.06/D/1993, memberikan Status Terdaftar kepada Fakultas Filsafat Agama. Program Studi Filsafat Agama Katolik untuk jenjang  S-1 di lingkungan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Sejak saat itulah secara yuridis mulai berdiri Fakultas Filsafat Agama Unwira, dengan Rm. Dr.Alo Pendito Keranz, Pr sebagai Dekan. Berikut daftar dekan yang memimpin lembaga Fakultas Filsafat:

  1. Dr.Alo Pendito Keranz, Pr (Alm) (Dekan FF Tahun 1993-1998)
  2. Joseph Nahak, Pr. MA (Dekan FF Tahun 1998-2006)
  3. Dr. Dominikus Saku, Pr. (Dekan FF Tahun 2006–2007)
  4. Drs. Mikhael Valens Boy, Pr. Lic.Bib (Dekan FF Tahun 2007-2010)
  5. Drs. Hironimus Pakaenoni, Pr. L.Th (Dekan FF Tahun 2010-2018)
  6. Drs. Yohanes Subani, Pr. Lic.Iur.Can. (Dekan FF Tahun 2018- Sekarang)

Demikian sekilas sejarah berdirinya Fakultas Filsafat Unwira Kupang.

Popular Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist

Butuh Bantuan?