Tiga Calon Wirausaha Muda Dari Wini

0 131

Tiga Calon Wirausaha Muda Dari Wini

Sera, Olga, Odi. Tiga sahabat di Wini. Ketiganya aktif dalam OMK. Juga sama-sama tamat SMK tapi tidak lanjut kuliah. Olga tamatan jurusan perikanan khususnya budi daya ikan. Sedangkan Sera dan Odi tamatan jurusan peternakan.
Dalam wawancara singkat, ketiganya bercerita tentang aktivitas harian dan mimpi mereka ke depan. Olga masih tinggal bersama orang tua. Karena tidak kuliah, maka setiap hari dia membantu orang tua lewat pekerjaan rumah tangga. Sambil membantu mama dalam urusan rumah tangga, dia bermimpi untuk mengaplikasikan ilmunya dalam dunia perikanan. Sekelumit ide tentang budi daya ikan air tawar sudah ada di benak dan dalam proses perwujudan. Masih banyak tantangan. Terutama modal. Harapannya ke depan semoga ada solusi.
Sera dan Odi lulusan jurusan peternakan. Keduanya bermimpi tentang mengembangkan potensi ternak di Wini dengan sistem peternakan moderen, tidak lagi tradisional yang membiarkan ternak berkeliaran mencari makan di lahan terbuka. Sera sedang memelihara beberapa ekor sapi dan kambing. Itupun milik orang tua tapi dikelola dengan pendekatan ilmu peternakan yang diterima di sekolah. Sedangkan Odi, katanya mengurus ternak milik sendiri berupa kambing beberapa ekor. Keduanya berharap agar usaha mereka yang kecil bisa berkembang.
Saya memberi motivasi untuk ulet bekerja, tahan bantingan, kreatif mencari solusi, dan kalau sudah ada hasil, jangan lupa manajemen keuangan melalui koperasi. Di Wini saya lihat ada koperasi Serviam, Pintu Air dan Swasti Sari. Mereka dapat memilih salah satu untuk investasi dan pengembangan modal usaha.
Saya juga mengarahkan supaya orientasi PNS diganti dengan orientasi wirausaha melalui potensi alam setempat maupun potensi ilmu dan keterampilan yang dimiliki. Dewasa ini peluang wirausaha terbuka lebar. Cukup banyak orang muda yang tidak menjadi PNS tapi berhasil dalam pekerjaan wirausaha dan menjadi jutawan. Asal saja ada kemauan, komitmen dan kreativitas berusaha.
Kita berharap di masa depan, dari Wini akan muncul banyak orang muda kreatif inovatif lulusan SMK yang berhasil dalam wirausaha. Dari antara mereka yang berhasil itu, kiranya ada yang bernama Olga, Sera dan Odi.
Tuhan memberkati.

Rm. Sipri Senda Pr

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More