AKSI NYATA MENANAM BUNGA BERSAMA OMK WILAYAH ST. PAULUS DI PAROKI ST. FRANSISKUS WINI: MEMBANGUN ORANG MUDA KATOLIK YANG KREATIF

oleh Fr Fridus Sesfao

0 51

Gambar 1.1 penyediaan media untuk menanam.

 

Wini, Kamis 21 September 2023,   OMK Wilayah St. Paulus di Paroki St. Fransiskus Xaverius Wini didampingi oleh Frater Wilfridus Sesfao yang adalah peserta KKN di Wini menyemaikan tanaman hias/bunga. Terdapat 30 polibek dengan 30 anakan bunga yang ditanam sebagai tindak lanjut dari aksi nyata pada pertemuan ketiga katekese BKSN 2023 yang berjudul : Kasih Allah yang menyelamatkan. Selain itu,  kegiatan penanaman bungan ini sebagai suatu bentuk kreativitas dari OMK Wilayah St. Paulus yang akan disumbangkan ke paroki Wini.

Gambar 1.2 Penanaman bunga bersama OMK Paulus dan Fr Wilfridus Sesfao

Bapa Petrus Koli sebagai kepala Desa Humusu Wini menyambut baik kegiatan ini sebagai suatu bentuk pembelajaran bagi orang-orang muda khususnya OMK. Kegiatan ini sebagai bentuk kreativitas dari OMK untuk menjadi pribadi-pribadi yang berguna  dan bertanggung jawab bagi bangsa dan gereja ke depan.

“Kegiatan menaman bunga yang adik-adik OMK lakukan ini adalah hal yang baik. Sebab itu, hal ini sudah menunjukan kreativitas dari kalian sebagai orang-orang muda dan itulah yang saya harapkan sebab kalian yang akan menjadi penerus gereja dan bangsa ini. Sebab itu, sejak dini mungkin kalian harus belajar untuk mengembangkan diri dari barbagai macam hal termasuk menanam bungan dan sayur yang suatu saat akan berguna ke depan.” Demikian ungkapan bapa kepala desa Humusu Wini kepada OMK St. Paulus di halaman rumahnya

Gambar. 1.3 dan 1.4  perbincangan antara Bapa Desa dan OMK St. Paulus Wini sesudah penyemaian bunga

 

“Kita harus memanfaatkan apa yang ada sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri secara pribadi. Selain itu melalui kreativitas ini kita bisa memperoleh biaya dan dapat berguna bagi kegiatan-kegiatan ke depan dan untuk membantu teman-teman kita yang membutuhkannya.” Demikian sambung kaka Rosa sebagai OMK Senior sekaligus pendamping OMK St. Paulus Wini.

Gambar 1.5 Foto bersama setelah penanaman bunga

Kegiatan penanaman bunga ini diawali dengan pengumpulan uang dengan setiap orang mengumpulkan RP. 5.000 untuk membeli polibek. Selanjutnya, pengambilan cirit kambing sebagai pupuk di rumahnya bapak Mikhael Binu dan pengambilan tanah hitam di rumahnya bapak bapa desa Humusu Wini dan akhirnya pengumpulan, pengolahan dan di rumahnya ketua OMK Paulus kaka Vinsensius Kelu Soares.

Penanaman bunga ini dijalankan dengan penuh semangat dan tanggung jawab oleh OMK dan setiap orang bekerja sesuai dengan kekuatannya.  Di akhir penanaman bunga ada acara minum kopi/ teh dan makan pisang masak bersama yang disediakan atas kerja sama antara teman Olga, Elsha dan beberapa teman OMK yang lain.

Comments
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More